Kiper Terbaik Sepanjang Masa Dengan Segudang Prestasi

Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Pada dasarnya semua posisi dalam permainan sepak bola memegang peran penting masing-masing. Diantara posisi tersebut meliputi penyerang, gelandang, bek dan juga kiper. Bahkan beberapa dari posisi tersebut menjadi legendaris dalam permainan sepak bola. Seperti salah satunya yang terjadi pada kiper terbaik sepanjang masa yang terkadang dipandang remeh oleh sebagian orang jika dibanding dengan posisi lainnya.

Meskipun memiliki ruang gerak yang cukup terbatas. Seorang yang menempati posisi kiper memiliki peran penting dalam tercetaknya sebuah gol yang merupakan tujuan dari permainan sepak bola itu sendiri. Untuk itu berikut akan disajikan beberapa pembahasan mengenai para pemain yang menduduki posisi kiper dengan julukan terbaik sepanjang masa :

1. Iker Casillas

Salah satu pemain sepak bola yang mendapat julukan kiper terbaik sepanjang masa kali ini merupakan orang yang pernah menjuarai piala dunia. Dimana ajang tersebut diraih oleh Iker Casillas bersama dengan tim Spanyol serta kemenangan tersebut terjadi pada tahun 2010 lalu. Pasalnya pemain ini melakukan aksi penyelamatan sebanyak dua kali dalam final satu lawan satu menghadapi Arjen Robben.

READ  5 Pemain Bola Spanyol Yang Beragama Islam Di Club Real Madrid

Kiper ini juga tercatat pernah menjuarai Kejuaraan Eropa 2008 dan 2012. Diantara prestasinya yang lain menyatakan bahwa Casillas meraih gelar kiper terhebat sebanyak 4 kali dalam ajang IFFHS (International Federation of Football History).

2. Lev Yashin

Beberapa pendapat mengatakan bahwa kiper dengan nama Lev Yashin ini merupakan kiper terhebat yang pernah ada. Hal tersebut karena aksi gemilangnya menyelamatkan tendangan penalti sebanyak 150 kali selama masa permainannya. Nama kiper ini juga tercatat sebagai satu-satunya kiper yang mendapat penghargaan dengan gelar pemain terbaik Eropa.

Prestasi lain yang dimiliki oleh Yashin adalah berhasil melakukan tangkisan bola yang hendak masuk ke gawang sebanyak 500 kali pertandingan dari total 812 pertandingan.

READ  Jajaran Striker Muda Berbakat Milik Indonesia

3. Dino Zoff

Kiper ini merupakan salah satu kiper tertua yang sempat meraih gelar juara dalam kompetisi piala dunia. Dimana pada saat itu, usia Dino Zoff mencapai 40 tahun dan sedang memperkuat tim Italia di tahun 1982. Selain itu, pemain yang menempati posisi kiper terbaik sepanjang masa ini juga pernah mencetak rekor dengan catatan 1142 menit tidak kemasukan bola gol dalam ajang turnamen internasional.

Dimana waktu tersebut merupakan waktu terlama yang pernah didapat oleh seorang kiper. Sehingga tidak heran jika pemain yang satu ini menjadi salah satu pemain sepak bola legendaris.

4. Edwin Van Der Sar

Pada tahun 1995, kiper dengan nama Edwin Van Der Sar ini mencatatkan namanya sebagai juara di Liga Champions bersama pemain lain bernama Ajax. Hal tersebut berulang kembali di tahun 2008, dimana Edwin sedang membela tim sepak bola Manchester United. Kiper Edwin memang tidak mencatatkan namanya salam juara piala dunia maupun di piala Eropa. Pasalnya kiper yang satu ini menempati posisi kiper terbaik dalam skala klub sepak bola.

READ  10 Besar Pemain Terbaik Di Liga Champion 2019/2020

5. Peter Schmeichel

Salah satu pemain kunci yang dimiliki oleh klub Manchester United dalam mencapai kesuksesannya tidak lain adalah kiper Peter Schmeichel. Hak itu terjadi di kisaran tahun 90-an. Dimana pada tahun 1992 kiper ini juga ikut andil dalam membuat Denmark menjadi juara di ajang Kejuaraan Eropa. Alhasil pada tahun itu juga, Peter diberikan gelar sebagai pemain terbaik di dunia.

Demikian ulasan tentang kiper terbaik sepanjang masa yang memiliki segudang prestasi. Baik dalam skala lokal maupun dalam skala Internasional. Dapat dikatakan bahwa jika dalam suatu tim sepak bola terdapat kiper yang tangguh, maka tim tersebut dapat berubah menjadi tim yang tidak terkalahkan.

About the Author: Harry

You May Also Like