Profil Luis Suarez Pemilik Tendangan Tajam

Profil Luis Suarez

Salah satu pesepak bola yang memiliki kisah dan prestasi yang patut diulas adalah Suarez. Di sini akan dibahas profil Luis Suarez yang sangat menginspirasi.

Mengenal Suarez

Luis Alberto Suarez Diaz yang lebih dikenal dengan Luiz Suarez merupakan striker andalan timnas Uruguay dengan nomor punggung 9. Saat ini ia bermain untuk klub La liga Spanyol yakni Atletico Madrid. 

Striker yang terkenal dengan julukan El Pistolero ini terkenal dengan ketajamannya sebagai juru gedor gawang setiap klub yang dibelanya. Ketajaman yang didukung dengan kemampuan komplit sebagai seorang penyerang.

Tendangan yang akurat dan keras baik, sundulan yang keras dan akurat, kecepatan berlari yang sangat kencang, bodi ball yang kuat, dan penempatan posisi yang tepat untuk menerima umpan dari rekan-rekannya. Skill yang super itu tidak bisa diremehkan. 

Perjalanan Karir

Suarez lahir di kota Salto, Uruguay pada tanggal 24 Januari 1987 atau 33 tahun yang lalu. Ia menjadi striker terbaik untuk saat ini dan puncak kemampuannya sudah terlewati. Namun ia masih bisa diandalkan dan masih mampu terus mencetak gol di liga sekelas La Liga Spanyol. 

READ  Profil Isco, Mantan Pemain Malaga CF

Dalam profil Luis Suarez, ia mengawali karir sepak bolanya di klub junior Nacional asal Uruguay pada tahun 2003. Saat itu usianya masih 14 tahun, belajar 2 tahun disana akhirnya Luiz Suarez yang mampu menunjukkan kemampuannya sebagai striker. 

Kemudian Suarez langsung dipanggil untuk masuk ke tim senior Nacional di tahun 2005 – 2006. Secara otomaymtis ia menjadi penyerang utama dengan jumlah penampilan 27 kali dan mampu mencetak 10 gol. Sungguh luar biasa pada usia semuda itu dan pengalaman yang masih minim, artinya bakat Suarez menjadi Penyerang memang sudah terlihat sejak muda. 

Tak butuh waktu lama, impian pesepak bola Amerika latin untuk bermain di benua biru Eropa pun langsung terwujud. Klub asal Belanda yakni FC Groningen mengontrak jasa Luis Suarez pada tahun 2006 dengan biaya transfer 800 ribu euro. 

Di Belanda Luis Suarez harus melakukan adaptasi bahasa karena Suarez sama sekali tidak bisa bahasa Belanda kala itu. Beruntung disana ada pemain Uruguay lain yang lebih dahulu bisa bahasa Belanda dan mengajarkan kepada Suarez. 

READ  Profil Roberto Firmino Striker Tajam Asal Brasil Yang Tak Mudah Menyerah

Musim perdananya bermain di Belanda, Luiz Suarez mencatatkan 29 penampilan dan mencetak 10 gol. Tidak menunggu waktu lama, hanya setahun di klub kecil Belanda karena kualitasnya memang tinggi. Akhirnya klub Raksasa asal Belanda yang memang doyan pemain muda berbakat yakni Ajax Amsterdam langsung menghubungi FC Groningen untuk mengontrak Luiz Suarez.

Mulanya Ajax Amsterdam hanya menawarkan 3,5 juta euro namun ditolak dan pada penawaran kedua yakni di angka 7,5 juta euro. Akhirnya FC Groningen mau melepas striker Uruguay tersebut.

Gol yang Dicetak SuareZ

Pada musim pertamanya Luis Suarez membuktikan kemampuannya sebagai seorang pencetak gol yang tajam. Suarez mampu mencetak 17 gol dalam 33 pertandingannya. Musim kedua Suarez mampu mencetak 22 gol di 31 pertandingan sekaligus dinobatkan sebagai pemain terbaik Ajax Amsterdam ditahun tersebut. 

Masuk tahun ketiga bersama Ajax Luis Suarez makin menggila dengan 35 gol dalam 33 pertandingan dan total 49 gol di semua kompetisi. Selama 4 musim di Ajax yakni musim 2007 – 2011 Suarez mampu mencetak 110 gol dalam 81 pertandingan. 

READ  Profil Raphael Varane, Si Gelandang Bertahan Real Madrid FC

Itu membuat raksasa Inggris Liverpool membeli Suarez dengan harga 26,5 juta euro. Di Liverpool Suarez lebih sukses lagi karena hanya dari 69 pertandingan saja, Suarez mampu menceta 110 gol selama 3 musim yakni musim 2011 – 2014. 

Setelah ketajamannya selalu terbukti baik di event liga maupun level Eropa, Rakasasa Spanyol yakni FC Barcelona pun tanpa pikir panjang langsung membeli Suarez dari Liverpool. Dibeli dengan harga yang tinggi yakni 81,72 juta euro dan langsung sukses menjuarai Trebel winner yakni Liga Champions, liga Spanyol dan piala Copa Spanyol. 

Di Barcelona Suarez berduet dengan Mega bintang Lionel Messi dan Bintang Brazil Neymar. Pemain yang terkenal dengan sebutan trio MSN yang sangat subur gol. Total gol trio MSN sendiri adalah 302 gol dari 151 penampilan. 

Setelah masa jaya Suarez mulai berlalu, akhirnya Suarez dibuang FC Barcelona menuju klub besar lainnya yakni Atletico Madrid. Nah, itu dia sedikit profil Luis Suarez. Semoga menginspirasi semuanya ya.

About the Author: Harry

You May Also Like