Profil Park Ji Sung Pesebakbola Dunia Asal Korea Selatan

Profil Park Ji Sung

Generasi milenial saat ini khususnya Inggris mungkin lebih mengenal BTS sebagai figur dari Korea Selatan paling populer. Namun jika menilik dari penggemar Manchester United tak ada orang yang tidak kenal dengan sosok Park Ji Sung. Ya, mungkin media Inggris tak membahas dirinya sebagai sosok idola seperti layaknya David Beckham dan kawan – kawan. Namun Park, terlanjur mendapat tempat dihati penggemar Red Devils. Inilah profil Park Ji Sung yang menarik untuk diulas!

Kisah Park Ji Sung Pemain Berjuluk Tiga Paru – Paru

Park Ji Sung dianggap sebagai pemain terpopuler dari Korea Selatan. Dirinya lahir di Goheng, Jeollanam Do Korea Selatan pada 25 Februari 1981. Park mulai bermain sepak bola sejak dibangku sekolah dasar.

Saat masih SMA dirinya juga berjasa mengantar sekolahnya saat itu memenangi kejuaraan nasional. Hingga dirinya direkomendasikan oleh pelatihnya untuk ke Universitas Myongji.

READ  Profil Ryuji Utomo Dan Perjalanan Karirnya

Yang mana Universitas tersebut terkenal sebagai penghasil pesepakbola terbaik di Korea. Disinilah karir junior Ji Sung dimulai. Hingga salah seorang pelatih Korea Selatan saat itu mencium talentanya.

Hal ini dibuktikan dengan usianya yang masih 18 tahun namun dirinya telah bermain di kelas Internasional. Jika dilihat dari profil Park Ji Sung, pemain berpostur kecil ini nyatanya cukup ditakuti lawan

Salah satu klub Jepang yakni Kyoto Purple Sanga pun tertarik dengan bakat dari Park Ji Sung hingga akhirnya pada tahun 2000 dirinya resmi dikontrak oleh klub tersebut. Sejak saat itu Park mampu bermain untuk semua posisi. Tak heran memang karena kemampuannya yang mampu menguasai semua lini pertahanan.

Hingga di tahun 2005 dirinya resmi bergabung di klub raksasa Manchester United. Pemain yang tergolong mungil ini mendapat julukan Three Lungs Park atau pemain dengan tiga paru – paru. Bukan tanpa alasan memang, karena di setiap laga Park mampu tampil lincah seperti tak kenal lelah.

READ  Profil Roberto Carlos Si Pemilik Tendangan Peluru

Pensiun Di Usia Yang tergolong Masih Produktif

Kabar pensiun Park Ji Sung mungkin sudah bukan hal yang mengagetkan lagi. Pasalnya cedera lutut yang berkepanjangan membuatnya harus rehat lebih lama. Dan hal ini dirasa tidak mampu untuk dirinya bermain kembali. 

Secara resmi Park Ji Sung mengakhiri karir sepak bolanya pada Mei 2014 silam. Pasalnya dirinya tak mampu lagi melawan cedera lutut yang dideritanya. Pemain ini berusia 33 tahun saat memutuskan untuk pensiun.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah konferensi pers yang diadakan di salah satu stadion di Suwon. Park Ji Sung mengakhiri karirnya di klub terakhir yang dibelanya yakni PSV Eindhoven. Sebelumnya Park juga pernah bermain di klub besar lainnya Queen Park Ranger sebagai pemain pinjaman. Namun dari beberapa klub tersebut, Manchester United yang paling memberikan dampak besar pada perjalanan karirnya.

READ  Profil Luis Suarez Pemilik Tendangan Tajam

Terbukti Park mampu meraih 11 trofi juara dalam tujuh musim saat berkostum Setan Merah. Kini setelah pensiun, Park Ji Sung belum memiliki rencana pasti untuk karirnya kedepan. Apakah akan bergelut di sepak bola sebagai pelatih atau profesi lain nya.

Itulah sekilas mengenai profil Park Ji Sung, pemain legenda yang bisa dibilang sebagai pemain terbaik Asia yang pernah bergabung di klub dunia. Kemampuannya dalam olah bola memberikan dampak besar pada perjalanan karirnya. 

Kini nama besarnya telah memberikan jalan yang luas untuk meraup materi meski tak aktif bermain bola. Dari sini bisa diambil sebuah pelajaran, bahwa niat didukung dengan bakat akan menghasilkan sesuatu yang terkadang diluar dugaan.

About the Author: Harry

You May Also Like